Thursday, February 5, 2009

PAKET PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERAGA SEDERHANA


Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang memberikan pengalaman kepada anak didik untuk mengalami langsung tentang berbagai kompetensi yang akan diajarkan. Namun demikian sekolah-sekolah di Indonesia kebanyakan menghadapi kendala dalam hal pendanaan dan waktu yang dibutuhkan juga lebih lama.

Untuk menyikapi hal itu jalan keluarnya agar bisa tetap memberikan pengalaman yang konkrit (walaupun tidak langsung mengalami), adalah dengan menggunakan alat peraga. Sekarang sudah banyak alat peraga pabrikan yang disediakab bagi sekolah yang mampu untuk membelinya.

Namun alternatif tersebut juga masih jauh panggang dari api. Kenyataan riil sekolah-sekolah yang ada di Indonesia tidak cukup mampu untuk membeli alat-alat peraga buatan pabrik tersebut. Apalagi bagi SD/MI yang muridnya sedikit dan bertempat di daerah terpencil.

Bagaimana solusinya?

Kami menyediakan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Kami menyedikan pelatihan untuk membuat alat-alat peraga sederhana. Alat peraga sederhana bisa dibuat dari barang-barang bekas seperti bekas botol minuman kemasan, kaleng bekas, kain bekas, kardus, koran dan sebagainya. Selain itu alat peraga sederhana juga dapat memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitar, seperti: ranting, dedauan, bebatuan, dan sebagainya.

Pelatihan ini membutuhkan waktu 2 hari. Adapun materi pelatihan yang bisa diterima oleh teman-teman guru antara lain:


  1. Apa dan Mengapa perlu alat peraga.

  2. Keuntungan menggunakan alat peraga sederhana

  3. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar.

  4. Contoh berbagai alat peraga sederhana dan cara membuatnya

  5. Praktik langsung pembuatan alat peraga sederhana.

  6. Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran (simulasi)


(Hubungi kami di: sunartombs@gmail.com)

No comments:

Post a Comment