Wednesday, July 15, 2009

Cluster Resources Center (Pusat Sumber Belajar Gugus)

Materi pembelajaran dan ilmu pengetahuan terus berkembang. Sementara sekolah-sekolah yang ada di Indonesia memiliki keterbatasan untuk selalu memenuhi atau update sumber belajar yang sesuai dengan perkembangan.

[caption id="attachment_857" align="alignleft" width="300" caption="PSBG Dwarawati Blora"]PSBG Dwarawati Blora[/caption]

Kalau mengandalkan bantuan pemerintah kendala tersebut mungkin sangat memakan waktu untuk pencapaiannya. Keterbatasan sumber belajar di Sekolah-sekolah yang ada di Indonesia  ini perlu di sikapi dengan cerdas. Satu hal yang sangat realistis adalah dengan menyatukan kemampuan gugus (sekolah-sekolah yang berdekatan) untuk membentuk pusat sumber belajar gugus.

Konsepnya adalah setiap sekolah memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang terbatas pada SDM atau gurunya, ada yang terbatas pada sumber-sumber belajarnya, ada yang terbatas masalah pendanaannya. Andaikan saja ada 10 sekolah terdekat bersatu bahu-membahu membuat CRC (Cluster Resources Center) pasti hasilnya menjadi sangat signifikan untuk sumber belajar para guru.

Andaikan saja setiap sekolah mempunyai 100 buah buku, jika terkumpul dalam satu tempat maka akan sudah ada 1000 buku.

Andaikan saja masing-masing sekolah ada 2 orang guru yang hebat, maka di CRC akan ada 20 orang guru yang hebat yang berkumpul menjadi satu untuk lebih cepat maju.

Andaikan saja masing-masing sekolah mempunyai 1 pengalaman mengajar yang bagus, maka dalam CRC akan terkumpul 10 pengalaman belajar terbaik yang dapat dimiliki bersama.

Selamat!!!

1 comment: