Tuesday, July 28, 2009

Good Practices USAID-DBE 2 Jawa Tengah

Surakarta, 28 Juli 2009

Menjelang berakhirnya program USAID-DBE 2 di Indonesia pada tahun 2010 yang akan datang perlu dilakukan sosialisasi tentang keberhasilan-keberhasilan USAID-DBE 2 dalam membantu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

[caption id="attachment_865" align="alignleft" width="300" caption="USAID-DBE 2 GOOD Practices"]USAID-DBE 2 GOOD Practices[/caption]

Sudah banyak hal yang dilakukan oleh USAID-DBE 2 mulai tahun 2005 sampai dengan tahun ini. Sesuai dengan bidang tugas DBE 2 yaitu peningkatan mutu pembelajaran di sekolah selama 4 tahun ini DBE 2 sudah mampu membantu meningkatkan kapasitas guru SD/MI dalam berbagai bidang, antara lain:

  1. Pelatihan WIAL (What Is Active Learning)

  2. Paket Pelatihan Dasar, yang bersisi tentang paket pelatihan PAKEM DASAR untuk seluruh mata pelajaran.

  3. Paket Pelatihan PAKEM Matematika

  4. Paket Pelatihan PAKEM Bahasa Indonesia

  5. Paket Pelatihan Pengelolaan kelas

  6. Paket Pelatihan PAKEM IPA

  7. Paket Pelatihan DALI (Designing Active Learning with ICT)

  8. Paket Pelatihan Intel Teach

  9. Paket Pelatihan IAI (Interactive Audia Interaction)

  10. Paket Pelatihan Management PSBG

  11. Paket Pelatihan Pendampingan

  12. Paket Pelatihan Laporan Mutu Sekolah


Tentu ke-12 program pelatihan yang telah berhasil dengan baik dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia perlu diteruskan. Hal ini dikarenakan baik secara kuantutatif maupun kualitatif kapasita para guru telah meningkat sangat signifikan setelah mengiplementasikan pelatihan DBE 2 tersebut.

Program yang demikian baik, akan sangat mubadzir jika tidak ada good will dari pemerintah Daerah untuk melanjutkannya.

1 comment:

  1. Sri Nurhayati, S. PdAugust 14, 2009 at 3:35 PM

    Dengan hormat, saya seorang guru Bahasa Indonesia sebuah SMP Negeri di kota Bogor. Saya sering mengalami hambatan ketika mengajarkan materi tertentu kepada siswa saya, terutama aspek menulis. Hambatan itu bisa berasal dari saya sendiri sebagai guru, dan ditambah hambatan dari siswa itu sendiri. Bagaimana meminimalisir hambatan tersebut agar dapat menciptakan PAKEM di kalangan para siswa. Demikian keluhan saya. Besar harapan, keluhan saya untuk ditindaklanjuti dg cara mengikutsertakan saya sebagai calon peserta pelatihan salah satu program yg berkaitan dengan masalah saya. Atas perhatian pejabat terkait saya ucapkan terima kasih. (Untuk surat menyurat bisa dialamatkan ke: Sri Nurhayati, S. Pd, Guru SMP Negeri 8, Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 86 Kota Bogor).

    ReplyDelete