Wednesday, March 11, 2009

SEMINAR NASIONAL PAKEM ATIK (Pembelajaran dengan teknologi tidak otomatis PAKEM)

Banjarnegara, 8 Maret 2009

[caption id="attachment_560" align="alignleft" width="300" caption="SEMINAR NASIONAL PAKEMATIK"]SEMINAR NASIONAL PAKEMATIK[/caption]

Ketika dilaksanakan seminar Nasional PAKEMATIK di Banjarnegara, saya didaulat untuk menyajikan materi "Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran (konvensional vs PAKEM).

Pada kesempatan itu terungkap bahwa ternyata walaupun sekolah-sekolah sudah banyak yang memiliki teknologi khususnya komputer, namun hingga saat ini hampir 90% sekolah yang sudah memiliki komputer tersebut belum dapat menggunakannya dalam pembelajaran siswa. Komputer yang dimilikinya masih sebagai pengganti mesin ketik manual sebagai alat untuk menulis keperluan administrasi sekolah.

Hal yang sangat menarik untuk segera direnungkan adalah ternyata sekolah-sekolah yang sudah menggunakan teknologi untuk pembelajaran tersebut belumlah digunakan untuk dapat meningkatkan kompetensi siswa.

Program-program yang digunakan masih sangat monoton sebagaimana komputer hanya digunakan sebagai alat pengganti papan tulis, misalnya guru menyajikan materi hanya dengan power point. Kemudian guru berusaha menjelaskan materi yang ada di power point tersebut. Kalau itu yang terus terjadi, maka sebenarnya walaupun memakai teknologi, tetapi pembelajaran yang dilakukan masih tetap saja konvensional. Siswa tetap tidak mendapat kesempatan untuk mencobakan sendiri, berekspresi maupun berkolaborasi.

Penggunaan teknologi juga harus dirancang sedemikian rupa agar teknologi yang mahal tidak hanya sebagai papan tulis elektronik, namun juga dapat digunakan sebagai sarana untuk dapat mengaktifkan siswa. Dan yang paling penting adalah teknologi yang digunakan dapat meningkatkan prestasi belajar. Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah model Jigsaw dengan ICT.

Selain itu, juga harus dipilih software-software yang memang benar-benar bisa mengaktifkan siswa, misalnya contruction games, cooking games, games jeopardy, dan sebagainya.

Untuk selanjutnya yang lebih rinci SILAHKAN ANDA MENGIKUTI SEMINAR KAMI!

5 comments:

  1. Iya mas, untuk kegiatan tambahan setiap hari munggu sekaligus berbagi pengetahuan kepada teman-teman lain

    ReplyDelete
  2. Salam, boleh tidak saya minta diktat PAKEM, kalau boleh saya minta dikirim ke email saya ubaidillah.usman@yahoo.com

    Terima kasih.


    Ubai

    ReplyDelete
  3. Salam, boleh tidak saya minta diktat PAKEM. Kalau boleh ini email saya ubaidillah.usman@yahoo.com


    Terima kasih,

    Ubai

    ReplyDelete
  4. Boleh saja pak kenapa tidak?
    Masalahnya paket PAKEM banyak banget dan kayaknya gak mungkin dikirim lewat email.

    ReplyDelete