Friday, September 3, 2010

Paket Pelatihan Ice Breaking untuk Guru

Ice breaking atau penecah kebekuan suasanan sangatlah penting bagi seorang guru yang selalu mengharapkan perhatian penuh dari para siswanya selama ia mengajar. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata setiap orang untuk dapat berkonsentrasi pada satu focus tertentu hanyalah sekitar 15 menit. Setelah itu konsentrasi seseorang sudah tidak lagi dapat focus.

Guru sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran dituntut untuk selalu bisa menciptakan suasana yang menyenangkan sekaligus mengaktifkan. Namun kebanyakan para guru saat ini sangat miskin akan kreasi menciptakan berbagai model ice breaking. sehingga kondisi kelas lebih banyak menegangkan, sehingga siswa selalu berteriak gembira jika mendengar bel istirahat atau pulang. Mereka merasa terkungkung oleh kondisi yang serius secara terus-menerus. Dalam kondisi yang demikian anak cepat merasa capai dan bosan.

Ada banyak macam energizer atau ice breaking yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Namun demikian, jenis ice breaking harus dipilih agar tetap memberikan makna edikatif bagi anak. Berikut materi pelatihan ice breaking untuk para guru, paling tidak dapat dikelompokkan menjadi 8 jenis.

  1. Jenis yel-yel

  2. Jenis tepuk tangan

  3. Jenis menyanyi

  4. Jenis gerak dan lagu

  5. Jenis gerak anggota badan

  6. Jenis games

  7. Cerita/ dongeng-dongeng bijak

  8. Cerita-cerita lucu


Untuk mengenal lebih jauh tentang pelatihan energizer atau ice breaking ini pembaca dapat menghubungi penulis di  sunartombs@gmail.com ataudapatkan bukunya di http://sunartombs.wordpress.com/2012/04/16/buku-icebreaker-dalam-pembelajaran-aktif/. Anda bisa juga memesan lewat sms di 081327030274

No comments:

Post a Comment