Wednesday, September 9, 2009

Tips Meningkatkan minat baca anak

[caption id="attachment_938" align="alignleft" width="300" caption="Senang Membaca"]Senang Membaca[/caption]

Sebuah pengalaman menarik dialami oleh anakku yang pertama. Pada usianya yang ke-4 ternyata dia sudah bisa membaca lancar. Bahkan untuk membaca koran sekalipun sudah bisa. Sekarang di belum mau tidur kalau belum membaca terlebih dahulu. Yang lebih menarik lagi dari dia adalah, saya selaku orang tua tidak secara kontinyu mengajarkannya membaca. Maklum keterbatasan waktu untuk selalu bisa bertemu dengan anak-anak, membatasi niat untuk bisa mendampingi mereka saat belajar.

Apa yang membuat dia bisa begitu ? Berikut ini barangkali perlu saya share tentang pengalaman yang saya alami bersama anak saya dalam rangka meningkatkan minat baca mereka:

  1. Carilah buku-buku bergambar menarik dan upayakan juga isinya menarik untuk anak, seperti buku-buku dongeng atau komik-komik seperti Dora emon, maupun Naruto.

  2. Pada saat mereka belum bisa membaca, bacakan buku-buku itu menjelang mereka akan tidur. Atau sering disebut dongeng sebelum bobo.

  3. kalau sudah terbiasa selama 1 bulan, Mereka akan selalu menagihnya jika tidak ada satu malam tidak dibacakan dongeng.

  4. Layanilah mereka dengan sabar, namun cobalah bacakan cerita tetapi putus jangan sampai selesai dan biarkan mereka penasaran.

  5. Kalau anak minta untuk meneruskan cerita, bilanglah kepada mereka,"makanya adik bisa baca sendiri, sehingga nanti bisa membaca semua buku cerita yang mama belikan".

  6. Ulangilah langkah no 4 dan 5 secara terus menerus, maka nanti anak akan mempunyai motivasi untuk bisa membaca sendiri dengan amat besar.

  7. jangan lupa Bapak/ Ibu pada saat-saat luang selalu mengajak mereka pergi ke toko buku untuk mengajaknya memilih buku-buku cerita sesuai keinginannya. Biasanya mereka akan memilih buku yang ada gambar-gambarnya yang bagus. Biarkan mereka memilih sesuai kehendak mereka sendiri.

  8. Kalau mereka belum bisa membaca pasti akan segera minta di ajari membaca. Gunakanlah buku-buku belajar membaca yang tidak dengan mengeja. Sebagaimana halnya membaca Iqro' pasti akan lebih cepat bisa. Sekarang sudah banyak buku-buku belajar cepat membaca tanpa mengeja.


selamat mencoba!!

2 comments:

  1. Makasih artikelnya. mudah-mudahan bisa kupraktekkan pada anakku.

    ReplyDelete