Thursday, June 25, 2009

Pelatihan Model-model pembelajaran aktif untuk guru SLTA

Bangka Barat, 18 - 20 Maret 2009

Antusiasme peserta pelatihan tentang model-model pembelajaran PAKEM membuat andrenalin kami semakin meningkat untuk semakin all out dalam memfasilitasi pelatihan hari itu.

[caption id="attachment_778" align="alignleft" width="300" caption="Pelatihan PAKEM guru di Bangka Barat"]Pelatihan PAKEM guru di Bangka Barat[/caption]

Selama 3 hari pelatihan kami menampilkan berbagai model pembelajaran PAKEM dengan melibatkan peserta sebagai siswa maupun sebagai guru dalam pelatihan tersebut.

Pada hari pertama kita melakukan model-model pembelajaran aktif seperti:

  1. Question student have (Siswa yang bertanya)

  2. Active debate (debat aktif)

  3. Star war (perang bintang)

  4. Every one is teacher here (semua orang adalah guru)

  5. Silent Demonstration (Demonstrasi Bisu)

  6. Lingkungan sebagai sumber belajar / CTL

  7. Gallery walk


Pada hari ke 2, kami mempraktikkan semakin banyak model-model pembelajaran seperti:

  1. Jigsaw

    [caption id="attachment_779" align="alignright" width="262" caption="Lingkungan sebagai sumber belajar /CTL"]Lingkungan sebagai sumber belajar /CTL[/caption]

  2. Tree-step Interview

  3. Think-pair-share

  4. Tree-step review

  5. Round Robin Brainstorming

  6. Number Heads Together

  7. Team Pair Solo

  8. Circle the sage

  9. Partners


Dalam hari ke-2 ini beberapa peserta mampu membuat model-model pembelajaran aktif lainnya seperti: model pembelajaran "Ngrumpi" dan model pembelajaran 'team ahli"

Pada hari ke-3 model-model pembelajaran yang telah dilakukan bersama pada hari pertama diimplementasikan oleh para peserta pelatihan dalam simulasi pembelajaran. Peserta pelatihan tidak hanya berperan sebagai siswa tetapi juga sebagai guru yang nantinya benar-benar akan menerapkannya di dalam kelas.

Keantusiasan peserta untuk bisa mencoba menerapkan pemahamannya tentang model-model pembelajaran aktif, membuat pelatihan hari ini menyajikan suasana  yang amat bergairah. Penampilan yang unik dari masing-masing peserta menjadikan pembelajaran baru bagi semua peserta pelatihan dan juga para fasilitator.

3 comments: