Tuesday, June 16, 2009

Metode Snow Balling (Bola Salju)

Dalam rangka mengaktifkan siswa dalam pembelajaran perlu diupayakan dengan berbagai strategi dan metode pembelajaran yang bervariasi. Salah satu metode pembelajaran yang bisa mengaktifkan siswa adalah metode snow balling.

snowballingDinamakan metode snow balling dikarenakan dalam pembelajaran siswa melakukan tugas individu kemudian berpasangan. Dari pasangan tersebut kemudian mencari pasangan yang lain sehingga semakin lama anggota kelompok   semakin besar bagai bola salju yang menggelinding.

Metode ini digunakan untuk mendapatkan jawaban yang dihasilkan dari siswa secara bertingkat. Dimulai dari kelompok yang lebih kecil berangsur-angsur kepada kelompok yang lebih besar sehingga pada akhirnya akan memunculkan dua atau tiga jawaban yang telah disepakati oleh siswa secara kelompok.

Langkah-langkah penerapan:

  1. Sampaikan topik materi yang akan diajarkan.

  2. Minta siswa untuk menjawab secara berpasangan.

  3. Setelah siswa yang bekerja berpasangan tadi mandapatkan jawaban, pasangan tadi digabung dengan pasangan di sampingnya. Dengan demikian terbentuk kelompok yang beranggotakan 4 orang.

  4. Kelompok berempat ini bekerja mengerjakan tugas yang sama seperti dalam kelompok 2 orang. Tugas ini dapat dilakukan dengan membandingkan jawaban kelompok 2 orang dengan kelompok 2 orang lainnya. dalam kegiatan ini perlu dipertegas bahwa jawaban harus disepakati oleh semua anggota kelompok yang baru.

  5. Setelah kelompok berempat ini selesai mengerjakan tugas, setiap kelompok digabung lagi dengan kelompok berempat lainnya. Dengan demikian sekarang setiap kelompok baru beranggotakan 8 orang.

  6. Yang dikerjakan pada kelompok baru ini sama dengan tugas pada langkah ke-4 di atas. Langkah ini dapat dilanjutkan sesuai dengan jumlah siswa dan waktu yang tersedia.

  7. Masing-masing kelompok diminta menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas.

  8. Guru akan membandingkan hasil dari masing-masing kelompok kemudian memberikan ulasan-ulasan yang dianggap perlu.


19 comments:

  1. Ass,
    sy sdang membuat skripsi tentang model pembelajaran snowballing,sy mengalami kesulitan dengan pengertiannya atau definisinya. tolong kirim k alamt email sy secepatnya tentang pengertian tersendiri dari model pembelajaran snowballing. dan sy pengen referensinya jg. trimah kasih.

    ReplyDelete
  2. Ass,
    sy sdang membuat skripsi tentang model pembelajaran snowballing,sy mengalami kesulitan dengan pengertiannya atau definisinya. tolong kirim k alamt email sy dsn: ndenk_niz_moet@yahoo.com atau ke facebook saya ndenk_niz_moet@yahoo.comsecepatnya tentang pengertian tersendiri dari model pembelajaran snowballing. dan sy pengen referensinya jg. trimah kasih.

    ReplyDelete
  3. ASS WR WB, sya sdang ingin membwt skrip mengenai m. snowballing tpi sya bgung krna tdk bxk thu ttg pengertian , langkah-langkah serta klbihan maupun kekrangannya, tlong krim ke email saya atau facebook saya jika anda mempunyai refrensix, tRima kasih bXk sblumX.

    ReplyDelete
  4. tolong aku dikirimi judul buku yang ada metode snowball. penting banget nih. aku lagi butuh pengertian dan kelebihannya. trims

    ReplyDelete
  5. Mas Khapid, judul bukunya adalah strategi pembelajaran aktif. Buku Warna biru

    ReplyDelete
  6. maaf saya mau nanya bisa gak menggunakan dengan pelajaran PAI semisal fiqh.

    ReplyDelete
  7. Bisa saja Pak. Cuman dibutuhkan keterampilan prasarat, yaitu paling tidak anak-anak sudah pernah belajar materi fiqh yg diajarkan. karena metode ini lebih cocok digunakan utk problem solving.

    ReplyDelete
  8. malam pak....
    saya mau nanya, apa strategi snow balling itu diawali dengan penjelasan materi dari guru atau tidak?????
    tolong jawabannya pak.....

    ReplyDelete
  9. Dear Era,
    Bisa ya bisa tidak.
    bisa diawali dengan penjelasan materi terlebih dahulu baru kemudian dilontarkan problem solving utk di pecahkan siswa. Tidak perlu diawali penjelasan materi, jika masalah yang dipelajari bukanlah materi baru.

    ReplyDelete
  10. bagaimanakah model LKS dengan strategi ini?
    apakah pelajaran kimia dpt diajarkan dg menggunakan strategi ini?
    trimakasih..

    ReplyDelete
  11. pak, bedanya strategi snowballing sama metode snowballing tuh apa?? buku tentang metode snowballing sendiri ada gag??

    ReplyDelete
  12. Strategi itu merupakan ramuan berbagai metode dan teknik untuk mengajarkan materi pelajaran tertentu. Kalau metode, adalah teknik tertentu yang digunakan untuk mengajarkan materi pelajaran tertentu.

    ReplyDelete
  13. Aslm,,, Pak, tolong dong kasih referensi bukunya,,,

    ReplyDelete
  14. brarti pada intinya apa strategi snowballing dan metode snowballing itu sama?? brarti snowballing itu bisa dijadikan metode, model dan strategi???

    ReplyDelete
  15. Kalau titis baca lebih mendalam tentang snowballing, lebih tepat dikatakan sebagai strategi. Karena Snowballing merupakan satu rangkaian proses pembelajaran yang dalam satu babak. Di dalam snowballing ada beberapa metode yang diterapkan antara lain metode tugas, tanya jawab dan metode diskusi.

    ReplyDelete
  16. saya lg bkin skripsi menggunakan metode snowballing sedangkan buku yang ada cuma pya hasyim zaini. tp dosen saya menyurus saya mencari buku yang membahas metode snowballing bukan strategi snowballing. saya harus jwab gmn pak....

    ReplyDelete
  17. Ya banyak Dosen yang rancu juga membedakan strategi, pendekatan, model, metode, dan teknik. Dulu Profesor saya juga begitu, Tapi kemudian saya kasih litaratus yg ada silahkan baca di http://sunartombs.wordpress.com/2009/04/04/model-model-pembelajaran/ atau anda bisa juga baca buku PAKEMATIK Pembelajaran inovatif berbasis TIK Karangan Winastwan Gora Swajati dan Sunarto (saya). Di dalamnya ada bab khusus yg membahas tentang pendekatan, strategi, model dan metode.
    Asal dosen diberi argumentasi yang baik saya yakin bisa menerima. Tapi untuk literatur cari saja dengena key word snowballing di google book, pasti akan anda temukan banyak buku yg membahas tentang snowballing. Masalah judul metode atau strategi jangan dipusingkan penulis pasti maksudnya sama, karena saya yakin mereka juga rancu membedakan itu semua.

    ReplyDelete
  18. owh bgitu ya pak. terimakasih atas informasinya ya pak, ini sangat berguna sekali untuk saya. semoga saja saya bisa memberi argumentasi yang baik untuk dosen saya. sekali lagi saya ucapkan trmksh. kalau saya ada kesulitan lagi saya akan tanya pada bapak lagi. . trmkasih. . .

    ReplyDelete