Sunday, May 24, 2009

Pelatihan PAKEM IPA

IPA adalah mata pelajaran yang mendekatkan siswa kepada alam. Di sini anak diajak untuk mengenal, mengamati, menganalisis, dan akhirnya menyimpulkan tentang segala fenomena yang terjadi di alam sekitarnya.

[caption id="attachment_743" align="alignleft" width="300" caption="Presentasi hasil karya Alat peraga sederhana IPA"]Presentasi hasil karya Alat peraga sederhana IPA[/caption]

Proses pembelajaran IPA diharapkan memberi penekanan yang besar pada penguasaan kompetensi yang disebut ”life skill”.(kecakapan hidup). IPA bagi anak berarti aktivitas mengamati, menemukan dan menyelidiki alam sekitarnya, tugas guru mengajak siswa untuk mengenali IPA  sebagai proses belajar yang menantang sekaligus menyenangkan, guru IPA mengajak anak  untuk merekam pengelaman nyata  yang berkaitan dengan pengalaman anak dan lingkungannya dalam kehidupan sehari- hari.

Proses pembelajaran IPA yang mengkaitkan dengan pengalaman anak dan kehidupannya sehari-hari amat menarik anak  untuk belajar IPA. Berdasar pertimbangan diatas maka guru harus aktif untuk membaca situasi, bagaimana mengkaitkan materi yang harus disampaikan (yang ada pada kurikulum) dengan berbagai pengalaman menarik yang terjadi di sekitar anak didik.

Untuk memberikan bekal terhadap guru agar pawai dalam menyajikan pembelajaran sains/ IPA kami menyediakan bantuan profesional berupa pelatihan pembelajaran active khusus untuk mata pelajaran IPA. Karena kekhasan pelatihan ini maka secara spesifik kami akan memberikan bekal materi pelatihan sebagai berikut:











1. Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran IPA
2. Strategi Pembelajaran IPA
3. Teknik Pendampingan Pembelajaran IPA












4. Silabus dan RPP IPA
5. Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan  Profesi Guru IPA
6. Analisis Simulasi Pembelajaran IPA












7. Strategi pembelajaran IPA
8. Simulasi Pembelajaran IPA















9. Praktik Permainan IPA
10. Pembuatan APM
11. Penilaian Pembelajaran IPA
12. Penyusunan LKS


Jika anda menginginkan melihat program pelatihan kami yang lebih lengkap silahkan klik di sini

No comments:

Post a Comment