Tuesday, March 24, 2009

Belajar komputer ber-3 lebih efektif

[caption id="attachment_606" align="aligncenter" width="300" caption="SEMINAR NASIONAL PAKEMATIK"]SEMINAR NASIONAL PAKEMATIK[/caption]

Temanggung, 15 Maret 2009

Mana yang lebih efektif  dalam belajar antara satu komputer untuk satu dengan satu kompoter untuk beberapa anak?  Hampir semua orang mengatakan bahwa yang paling efektif adalah belajar dengan satu komputer untuk satu anak. Benarkah demikian?

Berdasarkan penelitian ternyata jawaban di atas tidak benar. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan:

  1. Dengan satu anak memegang komputer ternyata guru sendiri kurang mampu memberikan pelayanan terhadap semua siswa yang sedang belajar pada hari itu.

  2. Ketika mendapati banyak masalah yang berbeda-beda pada masing-masing individu tidak dapat segera terlayani dengan baik. Anak harus menunggu giliran untuk mendapatkan solusi dari guru.

  3. Pembelajaran dengan satu komputer untuk satu anak, ternyata bagi anak merasakan lebih sulit. Hal tersebut dikarenakan tidak semua anak berani bertanya kepada gurunya ketika mendapatkan kesulitan. sementara anak yang belajar secara berkelompok dengan satu komputer ternyata lebih cepat bisa, dikarenakan mereka merasa lebih berani untuk bertanya setiap kali mendapatkan kesulitan sekecil apapun dan langsung terlayani dengan cepat oleh temannya sendiri.

  4. Siswa yang belajar secara kelompok merasa lebih berani trial and error dari pada belajar sendiri. Berani mencoba dan salah ternyata merupakan modal untuk lebih cepat bisa mengoperasikan komputer.


Hal tersebut terungkap pada SEMINAR NASIONAL ICT PAKEMATIK di Temanggung baru-baru ini.

2 comments:

  1. [...] Read more from the original source:  Menggunakan komputer ber-3 lebih efektif « FASILITATOR IDOLA [...]

    ReplyDelete
  2. apakah ada study kasus komputer yang cocok untuk sd dari kelas 1 sampai 6 sd

    ReplyDelete