Wednesday, January 7, 2009

Strategi Melaksanakan Lesson Study di Sekolah

Oleh: Parmin, M.Pd.


FMIPA Universitas Negeri Semarang


HP. 08164258038, Email: anugerahbio@yahoo.co.id


2008


 


Interaksi yang dikembangkan dalam suatu kegiatan diskusi, ternyata dapat secara konstruktif menunjang proses berkembangnya pengetahuan seorang guru. Lesson study sebagai suatu kegiatan yang diawali dengan pengembangan perencanaan secara bersama, proses pembelajaran terbuka dengan melibatkan sejumlah observer dan refleksi atau diskusi pasca pembelajaran, merupakan suatu kegiatan yang sangat potensial untuk menciptakan proses interaksi antar berbagai pihak yaitu guru, kepala sekolah, dan pengawas, serta bisa melibatkan dosen dari pergurun tinggi sebagai pembahas. Melalui interaksi yang dapat terjadi dalam berbagai tahapan kegiatan perencanaan (plan), pelaksanaan (do) dan refleksi (see), maka sangat dimungkinkan terjadinya sharing pengetahuan serta tacit knowledge yang diperoleh melalui pengamatan terhadap pembelajaran. Dengan berkembangnya pengetahuan secara konstruktif dapat memunculkan berbagai inovasi pembelajaran.


            Menurut Hendayana (2006) berkembangnya pengetahuan guru tentang materi ajar dan pembelajaran, dapat juga terjadi pada implementasi pembelajaran yakni melalui kegiatan observasi. Melalui kegiatan tersebut, setiap observer dapat melakukan pengamatan secara mendalam tentang respon serta perilaku belajar siswa terhadap rencana pembelajaran yang sudah dipersiapkan secara bersama-sama. Latar belakang pengetahuan observer yang beragam, tentu saja akan menyebabkan bervariasinya hasil pengamatan yang diperoleh. Beragamnya hasil pengamatan dan temuan masing-masing observer menjadi sangat menarik pada saat dilakukan refleksi pasca pembelajaran. Temuan hasil observasi yang beragam, memungkinkan terjadinya pertukaran pengetahuan secara lebih produktif, sehingga masing-masing pihak akan mampu memperoleh pengetahuan tentang pembelajaran yang terjadi secara lebih komprehensif.


          Strategi melaksanakan lesson study berdasarkan hasil penelitian Parmin dan Siti Aminah (2008) di Madrasah Ibtidaiyah Madarijul Huda, Kembang, Pati (2008) .


1. Perencanaan (Plan)


LS 1. parmin


Gambar 1. Guru sebidang studi secara kolaborasi mengidentifikasi


permasalahan pembelajaran dan menghasilkan perangkat pembelajaran



A.   Identifikasi Masalah Pembelajaran


       1.   Materi ajar


            a. kedalaman materi


            b. kesesuaian dengan tuntutan kurikulum


            c. tingkat kesulitan


       2.   Strategi pembelajaran


            a. pendahuluan


                 memotivasi siswa belajar


b.    kegiatan inti


- aktivitas belajar yang diharapkan


- rancangan interaksi siswa dengan bahan ajar


- rancangan interaksi siswa dengan siswa


- rancangan interaksi siswa dengan guru


c.    penutup


                 aktivitas siswa yang diharapkan untuk menyimpulkan pelajaran


B.     Mempersiapkan Perangkat Pembelajaran


1.      Silabus


2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


3. Lembar Kegiatan Siswa


4. Alat tes


C.     Menentukan Observer


1. Kepala Sekolah


2. Guru (se bidang studi/tidak se bidang studi)


3. Pengawas Sekolah


D.    Menentukan Guru Model (pelaksana pembelajaran di kelas)


II.   Pelaksanaan (Do)


LS 2. PARMIN


Gambar 2. Guru model mengajar dan observer


mengobservasi pelaksanaan pembelajaran


A.     Pertemuan singkat (briefing) dipimpin fasilitator (kepala sekolah)


B.     Guru model mengemukakan rencana singkat (rencana pembelajaran, tujuan, kedudukan materi ajar dalam kurikulum, perkiraan kemungkinan respon siswa)


C.     Kepala sekolah mengingatkan observer untuk tidak mengintervensi proses belajar mengajar


D.    Observer dipersilahkan memilih tempat strategis sesuai rencana pengamatan


E.     Guru model melaksanakan proses belajar mengajar


       Observasi


       Observer membuat catatan tentang:


A.     Komentar siswa dalam diskusi


B.     Kerja sama siswa


C.     Aktivitas belajar


D.    Strategi penyelesaian masalah


Pedoman observer:


A.     Kejelasan tujuan pembelajaran


B.     Aktivitas mengarah ke pencapaian tujuan


C.     Langkah-langkah pembelajaran berkaitan mendukung pemahaman siswa


D.    Media pembelajaran mendukung pencapaian tujuan


E.     Diskusi kelas membantu pemahaman konsep


F.      Materi ajar sesuai tingkat kemampuan siswa


G.    Penggunaan pengetahuan awal untuk mendukung pemahaman konsep


H.    Pertanyaan guru mendorong dan memfasilitasi cara berpikir siswa


I.       Pemberian penghargaan gagasan siswa


J.        Kesimpulan didasarkan pendapat siswa


K.    Kesimpulan sesuai tujuan


L.      Pemberian penguatan


III. Refleksi (See)


ls 3 pARMIN


Gambar 3. Tahapan refleksi (see)


A.     Menentukan fasilitator


B.     Fasilitator mengenalkan observer dengan spesifikasi bidang ilmu


C.     Fasilitator menyampaikan agenda refleksi


D.    Fasilitator menyampaikan aturan main


1. berbicara dengan tertib (jadi pendegar yang baik)


2. berbicara sopan tidak untuk mengadili guru model


3. setiap peserta diberi kesempatan berbicara


4. berbicara berdasarkan temuan pengamatan


5. masukan difokuskan pada “bagaimana siswa belajar”


       D.  Guru model menyampaikan


            1.  kejadian yang sesuai dan yang tidak sesuai dengan harapan


            2.  sesuatu yang berubah dari rencana


       E.  Team pengembang memberi komentar


       F.  Fasilitator memberi kesempatan observer berkomentar


       G.  Fasilitator mempersilahkan tenaga ahli merangkum diskusi   


       H.  Fasilitator mengucapkan terimakasih dan mengumumkan kegiatan lesson study berikutnya.


Daftar Pustaka


Hendayana S.. 2006. Lesson Study Suatu Strategi untuk Meningkatkan Keprofesionalan Guru (Pengalaman IMSTEP-JICA). Bandung: UPI Press.


Parmin dan Siti Aminah. 2008. Menerapkan Lesson Study Dalam Pembelajaran di MI Madarijul Huda Pati. Laporan Penelitian Dosen Muda. FMIPA: Universitas Negeri Semarang.


 


Kontak person: 08164258038.

4 comments:

  1. terima kasih sekali untuk bapak Parmin.salam untuk dosen2 di MIPA.

    ReplyDelete
  2. Thank banget tulisannya masalah Lesson study saya jadi saya lebih mengerti.

    ReplyDelete
  3. Pak Parmin yth.
    Matur suwun, tulisan bapak sangat membantu saya
    khususnya dalam memberikan tambahan wawasan bagi guru peserta di KKG saya.
    Semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita bersama dalam rangka ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.
    Amin.

    ReplyDelete
  4. black jack,texas holdem poker , ninja saga , pet ville , happy aquarium,dll

    ReplyDelete