Wednesday, December 10, 2008

Science Games 3:Mengambil uang dari saku peserta pelatihan.

Persiapkan alat-alat permainan antara lain: uang kertas Rp 5.000 atau Rp 10.000,- atau berapapun yang anda suka, gelas putih polos, tutup gelas, tempayan, sapu tangan dan air putih.
Langkah permainannya:
1. Lipatlah sekecil mungkin selembar uang kertas yang sudah anda siapkan. Upayakan lipatan tidak melebihi luasnya alas gelas yang telah disediakan.
2. Taruhlah lipatan uang itu di atas tempayan yang bertaplak. Kemudian tindihlah lipatan uang tersebut dengan gelas.
3. Tuangkan air putih ke gelas sampai penuh sekitar 80%.
4. Tutuplah gelas yang telah berisi air dengan tutup gelas.
5. Lakukan langkah 1-4 tanpa sepengetahuan peserta pelatihan.
6. Bawalah seperangkat alat yang sudah disiapkan tersebut di hadapan peserta pelatihan.

science games 3
(Agar permainan lebih menarik, katakan kepada seluruh peserta bahwa beberapa hari yang lalu anda sudah bermain sulap. Namun anda belum cukup mahir. Anda mohon bantuan kepada seluruh peserta untuk membuka semua dompetnya dan mohon ditaruh di atas meja agar memudahkan anda untuk mengambil uang mereka secara gaib. Katakan kepada peserta bahwa anda akan berlatih menarik salah satu dari uang mereka yang ada di dompet dan akan anda pindahkan di bawah gelas. Untuk meyakinkan bahwa di bawah gelas benar-benar kosong (belum ada uang) bawalah tempayan yang sudah ada gelasnya tadi ke hadapan peserta pelatihan. Ingat jangan sampai peserta pelatihan mengangkat gelas tersebut. Mereka diperbolehkan mengamati dari segala penjuru tetapi tidak boleh memegang. Mereka pasti tidak akan melihat uang yang ada di bawah gelas tersebut. Kemudian mulailah beraksi.
7. Tutuplah gelas tadi dengan sapu tangan.
8. Pejamkan mata anda dan komat-kamitlah seakan baca mantra.
9. Lakukan suatu gerakan tertentu seakan anda mengambil uang yang di dompet peserta dan kemudian memindahkannya di bawah gelas.
10. Kemudian, bukalah sapu tangan dan angkatlah gelas.
11. hasilnya cling… ada uang lipatan di sana
Pertanyaannya mengapa peserta tidak melihat uang kertas yang ada di bawah gelas putih berisi air putih yang transparan?
Jawabnya adalah:
Uang tidak bisa terlihat karena pandangan mata kita dibiaskan oleh dua benda secara berurutan. Pertama pandangan kita dibiaskan oleh gelas dan berikutnya dibiaskan oleh kaca gelas. Cahaya yang melewati dua atau lebih benda bening yang mempunyai kerapatan berbeda akan dibiaskan. Jika cahaya melewati benda dari yang kurang rapat (udara) ke benda bening yang lebih rapat (air), maka akan dibiaskan mendekati normal.

No comments:

Post a Comment