Tuesday, November 4, 2008

SETTING GPRS

hpSebagai fasilitator yang tangguh tentu harus selalu update tentang berbagai informasi terkini. Berbagai informasi dapat kita peroleh dari televisi, surat kabar, buku-buku, atau media lain yang menunjang. Namun demi efektivitas dan keleluasaan pencarian informasi seorang fasilitator sebaiknya selalu akrab dengan yang namanya internet. Dengan akrab terhadap internet kita dapat memperoleh berbagai sumber informasi sesuai dengan yang kita kehendaki.

Bagaimana kalau sarana kita terbatas? misalnya tidak punya komputer yang tersambung jaringan internet. Bagaimana kalau yang kita miliki hanyalah handphone (GSM) saja. berikut saya sajikan panduan penggunaan handphone untuk dapat mengakses internet.

Jika handphone anda belum dapat mengakses internet, maka kemungkinan memang HP anda belum disetting. Agar HP anda dapat mengakses internet, maka harus dilakukan setting GPRS (General Packet Radio Service) terlebih dahulu. Ada 2 hal yang harus kita lakukan, yaitu setting GPRS dari sim card nya dan setting GPRS dari handphone-nya.

SETTING GPRS SIM CARD

1. Kartu SIM Telkomsel. J

ika anda memakai kartu dari Telkomsel khususnya kartu Halo, anda bisa mengetik GPRS lalu kirimkan lewat sms ke nomor 6616. Nanti anda akan menerima balasan sms minimal dalam 2 x 24 jam. Apabila anda menerima sms balasan yang meminta anda memasukkan PIN, isikanlah PIN standar 5432.

Namun jika anda menggunakan kartus dari Telkomsel yang lain seperti Simpati, atau kartu AS anda dapat menyetting GPRS dengan cara ketik GPRS (16 digit nomor yang tertera dalam bagian belakang kartu SIM anda). Contoh: GPRS 621000000000123456. lalu kirimkan juga lewat sms ke nomor 6616. Nanti anda akan menerima balasan sms minimal dalam 2 x 24 jam. Apabila anda menerima sms balasan yang menyebutkan GPRS anda telah diaktifkan, maka berarti SIM card anda sudah aktif GPRS-nya.  Anda tinggal menyetting GPRS pada handphone anda.

1 comment:

  1. bagus sekali .sederhana bisa ditiru dg mudah .terima kasih

    ReplyDelete