Tuesday, September 23, 2008

SILABUS SD LENGKAP

Sebelum melaksanakan proses pembelajaran guru garus melakukan berbagai persiapan mulai dari penyusunan silabus, RPP, pembuatan alat peraga, LKS dan intrumen penilaiannya. Hal pertama kali yang harus dipersiapkan guru adalah membuat SILABUS.

Silabus adalah suatu rencana yang mengatur kegiatan pembelajaran dan pengelolaan kelas, serta penilaian hasil belajar dari suatu mata kuliah. Silabus ini merupakan bagian dari kurikulum sebagai penjabaran Standar Kompetensi  dan Kompetensi Dasar ke dalam materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian hasil belajar. Dengan demikian pengembangan silabus ini minimal harus mampu menjawab pertanyaan sebagai berikut: kompetensi apakah yang harus dimiliki oleh peserta didik, bagaimana cara membentuk kompetensi tersebut, dan bagaimana cara mengetahui bahwa peserta didik telah memiliki kompetensi itu. Silabus ini akan sangat bermanfaat sebagai pedoman bagi pengajar karena berisi petunjuk secara keseluruhan mengenai tujuan dan ruang lingkup materi yang harus dipelajari oleh peserta didik. Selain itu, juga menerangkan tentang kegiatan belajar mengajar, media, dan evaluasi yang harus digunakan dalam proses pembelajaran kepada peserta didik. Dengan berpedoman pada silabus diharapkan pengajar akan dapat mengajar lebih baik, tanpa khawatir akan keluar dari tujuan, ruang lingkup materi, strategi belajar mengajar, atau keluar dari sistem evaluasi yang seharusnya.

Untuk Mempersiapkan pembelajaran agar sesuai track yang ditetapkan dalam KTSP, guru diwajibkan membuat silabus terlebih dahulu. Berikut adalah silabus untuk Sekolah Dasar untuk semua mata pelajaran;

Silabus saya bagi dalam setiap Mata pelajaran:

1. Silabus Bahasa Indonsia

2. Silabus Bahasa Inggris (kelas 1-3, kelas 4, kelas 5 dan kelas 6)

3. Silabus IPA (Kelas 1, kelas 2, kelas 3, kelas 4, kelas 5, kelas 6)

4. Silabus IPS (Kelas 1, kelas 2, kelas 3, kelas 4, kelas 5, kelas 6)

5. Silabus Matematika (Kelas 1, kelas 2, kelas 3, kelas 4, kelas 5, kelas 6)

6. Silabus PKN (Kelas 1, kelas 2, kelas 3, kelas 4, kelas 5, kelas 6)

7. Silabus Penjaskes (Kelas 1, Kelas 2, Kelas 3, Kelas 4, Kelas 5, kelas 6)

http://www.ziddu.com/download/15350563/KelasV.doc.html

1 comment: