Tuesday, September 23, 2008

Pengertian Motivasi Belajar

1. Pengertian Motivasi Belajar
Huitt, W. (2001) mengatakan motivasi adalah suatu kondisi atau status internal (kadang-kadang diartikan sebagai kebutuhan, keinginan, atau hasrat) yang mengarahkan perilaku seseorang untuk aktif bertindak dalam rangka mencapai suatu tujuan. Jadi ada tiga kata kunci tentang pengertian motivasi menurut Huitt, yaitu: 1) kondisi atau status internal itu mengaktifkan dan memberi arah pada perilaku seseorang; 2) keinginan yang memberi tenaga dan mengarahkan perilaku seseorang untuk mencapai suatu tujuan; 3) Tingkat kebutuhan dan keinginan akan berpengaruh terhadap intensitas perilaku seseorang.
Thursan Hakim (2000 : 26) mengemukakan pengertian motivasi adalah suatu dorongan kehendak yang menyebabkan seseorang melakukan suatu perbuatan untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam belajar, tingkat ketekunan siswa sangat ditentukan oleh adanya motif dan kuat lemahnya motivasi belajar yang ditimbulkan motif tersebut.

Pengertian motivasi yang lebih lengkap menurut Sudarwan Danim (2004 : 2) motivasi diartikan sebagai kekuatan, dorongan, kebutuhan, semangat, tekanan, atau mekanisme psikologis yang mendorong seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai prestasi tertentu sesuai dengan apa yang dikehendakinya. Motivasi paling tidak memuat tiga unsur esensial, yakni : (1) faktor pendorong atau pembangkit motif, baik internal maupun eksternal, (2) tujuan yang ingin dicapai, (3) strategi yang diperlukan oleh individu atau kelompok untuk mencapai tujuan tersebut.

Motivasi merupakan suatu proses psikologis yang mencerminkan sikap, kebutuhan, persepsi, dan keputusan yang terjadi pada diri seseorang. Motivasi sebagai proses psikologis timbul diakibatkan oleh factor di dalam diri seseorang itu sendiri yang disebut instrinsik sedangkan factor di luar diri disebut ekstrinsik.

Faktor instrinsik berupa kepribadian, sikap, pengalaman dan pendidikan, atau berbagai harapan, cita-cita yang menjangkau ke masa depan. Sedangkan factor ekstrinsik dapat ditimbulkan oleh berbagai sumber, bisa karena pengaruh pimpinan, kolega atau faktor-faktor lain yang kompleks.
Berkaitan dengan proses belajar siswa, motivasi belajar sangatlah diperlukan. Diyakini bahwa hasil belajar akan meningkat kalau siswa mempunyai motivasi belajar yang kuat. Motivasi belajar adalah keinginan siswa untuk mengambil bagian di dalam proses pembelajaran (Linda S. Lumsden: 1994).
Siswa pada dasarnya termotivasi untuk melakukan suatu aktivitas untuk dirinya sendiri karena ingin mendapatkan kesenangan dari pelajaran, atau merasa kebutuhannya terpenuh. Ada juga Siswa yang termotivasi melaksanakan belajar dalam rangka memperoleh penghargaan atau menghindari hukuman dari luar dirinya sendiri, seperti: nilai, tanda penghargaan, atau pujian guru (Marx Lepper: 1988).
Menurut Hermine Marshall Istilah motivasi belajar mempunyai arti yang sedikit berbeda. Ia menggambarkan bahwa motivasi belajar adalah kebermaknaan, nilai, dan keuntungan-keuntungan kegiatan belajar belajar tersebut cukup menarik bagi siswa untuk melakukan kegiatan belajar. Pendapat lain motivasi belajar itu ditandai oleh jangka panjang, kualitas keterlibatan di dalam pelajaran dan kesanggupan untuk melakukan proses belajar ( Carole Ames: 1990).

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar adalah kesanggupan untuk melakukan kegiatan belajar karena didorong oleh keinginannya untuk memenuhi kebutuhan dari dalam dirinya ataupun yang datang dari luar. Kegiatan itu dilakukan dengan kesungguhan hati dan terus menerus dalam rangka mencapai tujuan.

2. Struktur Pembelajaran dan Motivasi Belajar
Keadaan motivasi belajar terkait erat dengan struktur pembelajaran yang digunakan guru di kelas. Struktur pembelajaran yang dikenal adalah struktur kompetitif, struktur individual, dan struktur kooperatif (Ames, 1984). Garu harus dapat mengambil bagian-bagian yang baik dari setiap struktur pembelajaran guna meningkatkan motivasi belajar siswa.
Ketiga struktur pembelajaran di atas secara singkat dijelaskan oleh Haris Mudjiman (2005: 70-72) sebagai berikut:
1) Struktur Kompetitif.Struktur pembelajaran yang digunakan dalam pendidikan formal-tradisional adalah struktur kompetitif. Sistem penilaian yang digunakan dalam struktur ini mendorong siswa untuk berkompetisi dengan kawan-kawannya. Kemampuan mereka diukur dengan nilai dan rank. Orientasi siswa adalah “menang atau kalah”. Belajar yang berhasil adalah kalau dapat mengalahkan kawannya sehingga terjadi persaingan dengan segala akibat baik dan buruknya.
Dalam struktur pembelajaran kompetitif, motivasi belajar siswa bersifat egoistic, karena kompetisi dalam konteks system tradisional menumbuhkan sikap self defense. Namun demikian struktur pembelajaran kompetitif motivasi belajar juga bersifat social comparative. Tujuan belajar tidak semata-mata untuk menguasai sesuatu kompetensi melainkan untuk menunjukkan kepada siswa lain bahwa ia lebih baik. Ini merupakan salah satu ciri motivasi eakstrinsik.
2) Struktur Individual
Pembelajaran dengan struktur individual banyak dijalankan dalam system pendidikan nonformal atau dalam pendidikan formal-tradisional tetapi ada penugasan-penugasan individual sesuai minat masing-masing. Dalam struktur pembelajaran individual , siswa berorientasi kepada pencapaian kompetisi. Bila masih terjadi kompetensi, yang terjadi adalah kompetisi dengan diri sendiri, bukan dengan kawan-kawannya.
Suasana bebas dari rasa tertekan. Umumnya siswa percaya bahwa kerasnya usahalah yang menentukan keberhasilan belajar, bukan semata-mata kemampuan. Dalam struktur pembelajaran ini motivasi belajar siswa berorientasi ke penguasaan sesuatu kompetensi. Sifat motivasinya intrinsic.
3) Struktur KooperatifStruktur Pembelajarn ini dapat dilaksanakan di kelas-kelas tradisional dalam bentuk kerja kelompok, atau di kelas-kelas pendidikan non-formal. Sikap kompetitif masih ada pada setiap kelompok, tetapi orientasi belajar utamanya adalah ke pencapaian suatu keompetensi atau pemecahan masalah..

47 comments:

  1. maaf Pak..... mohon izin copy artikelnya ya.... untuk tambahan referensi makalah saya. terimakasih........

    ReplyDelete
  2. salam kenal,pak saya mengkopi artikel bpk yauntuk bahan skripsi saya,terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  3. salam sukses, anda mau berkerja sambilan melipat brosur, sukses buat anda

    ReplyDelete
  4. assalamualaikum...
    maaf pak, ijin ngopy jg bwt referensi belajar...
    maturnuwun sanget nggih...

    ReplyDelete
  5. pa saya copy artikelnya ya untuk tambahan referensi saya skirpsi makasih ya pak

    ReplyDelete
  6. pa saya copy artikelnya ya untuk tambahan referensi saya skirpsi

    ReplyDelete
  7. maaf pak ,a mampir copi failnya untuk tambahan materi proposal.terima kasih

    ReplyDelete
  8. minta ijin copy artikelnya ya pak. terima kasih.

    ReplyDelete
  9. iain kopi, bwt tambahan Ta.
    makasih atu akang

    ReplyDelete
  10. ikutan ngopi ya paak buat reff juga. maturnuwaooon

    ReplyDelete
  11. maaf pak, bisa gak dikirimkan ke email sya mengenai daftar pustaka mengenai materi yang bapak susun ini... biar bisa dicantumkan dalam daftar pustaka proposal saya...trima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  12. pak,, saya ijin mengcopy artikel motivasi bljrnya ya utk tugas metopel.... waahh, terimakasih banayk pak..... ^_^

    ReplyDelete
  13. pak, mhn ijin untuk diunduh untuk bahan referensi, oke banget. terima kasih.

    ReplyDelete
  14. ass.wr wb.. salam jumpa .. boleh ya pak saya contek artikel bapak? he..he...* _ * tuk bahan skripsi nih...hmm..tapi daftar pustakanya lom ada, bisa kirim gk kemari? duuh....jadi ngerepotin, thank a lot of

    ReplyDelete
  15. ih......................... waw !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    lutuna!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!.....

    ReplyDelete
  16. maaf pak saya copy materi bapak untuk tambahan materi saya .

    ReplyDelete
  17. pak minta copy matri bapak yah... untuk tambahan data di makalah saya... thanks.....

    ReplyDelete
  18. artikel yang bagus.ijin kopi yach pak...untuk tambahan referensi skripsi...
    makasih...

    ReplyDelete
  19. artikelnya bagus. saya minta izin copy ya buat tugas karya tulis saya. thanks before.

    ReplyDelete
  20. saya ijin pakai ya pak, untuk referensi. kasih daftar pustakanya, dong pak. terima kasih.

    ReplyDelete
  21. Trima kasih atas artikelnya, semoga bermanfaat bagi banyak orang, seperti saya yang suka membaca sebagai referensi khutbah saya, dan semoga menjadi jariyah, atau simpanan akhirat sebagai bekal kehidupan yang kekal dalam kehidupan yang sesungguhnya. Amiin

    ReplyDelete
  22. Terima kasih atas artikelnya.

    ReplyDelete
  23. MAKASIH BANGET YA TAS ARTIKELNYA PAK.. MINTA IJIN ngopi

    ReplyDelete
  24. tak ada pengertian motivasi belajar itu sendiri.... masih belum lengkap menurut saya, masih perlu lebih banyak mengungkapkan ttg pengertian motivasi belajar. Yg dikemukakan hanya pengertian motivasi saja, jadi masih perlu memaparkan pengertian dua suku kata ini tdk secara terpisah.

    ReplyDelete
  25. assalamu'alaikum,,,,,, ijin copy pak buat, referensi makalah,,,,, terimaksih sebelumnya

    ReplyDelete
  26. Pak saya mau tanya .bukunya Thursan Hakim judulnya apa ya pak ?saya mau nyari buat referensi gtu .makasih

    ReplyDelete
  27. salam kenal pak, ijin cp artikelnya yaa pak. trims

    ReplyDelete
  28. maaf pak... mhon ijin copy slah1 gmbarnya.

    ReplyDelete
  29. mohon izin copy artikel pak, untuk tambahan referensi tesis saya

    ReplyDelete
  30. pak mf sblm nya mau tnya jdl buku linds s apa y nm buku nya.tlg email sya y pak!

    ReplyDelete
  31. maturnuwun pak...
    sangat membantu skripsi saya pa..... ^_^

    ReplyDelete
  32. pak.. maaf langsung tak kopi untuk skripsi...boleh ya pak

    ReplyDelete
  33. assalmalikum.......
    maaf pak saya ada ambil materinya soalx untuk pembuatan proposal.
    terima kasih banyak sudah membantu>.............

    ReplyDelete
  34. ass....salam kenal pak,,
    saya ngopy artikel jenengan nggeh pak,damel referensi proposal penelitian kulo..maturnuwon..

    ReplyDelete
  35. pa'
    saya copy buat bahan kuliah yaa???
    saya tertarik dengan pengertian motivasi dari anda,,,
    thanks ya pa'

    ReplyDelete
  36. permisi pak, mohon ijin copy buat refrensi makalah saya. terimakasih

    ReplyDelete
  37. pak minta ijin kopi,,, skalian minta daftar pustakanya dong pak... makasih banyak pak...

    ReplyDelete
  38. artikel Bapak sangat membantu saya, OKI izinkan sy untuk mengopynya… makasih banyak pak…

    ReplyDelete
  39. Silahkan kalau itu bermanfaat, mohon jangan lupa menuliskan alamat URL blog ini ya!!

    ReplyDelete
  40. salam kenal saya juga minta ijin copy ya pak, pak matur nuwun banyak membantu

    ReplyDelete
  41. Saya mohon izin mengkopi artikel bpk untuk bahan skripsi saya. Thx

    ReplyDelete